Bimbingan Teknis Implementasi Penyusunan Perda


Staff Biro Hukum 02/03/2023 09:02 WIB

BERITA KEGIATAN BIRO HUKUM

 Analis Hukum Ahli Muda dan Staf  Biro Hukum Setdaprovsu menghadiri Bimbingan Teknis Implementasi Penyusunan Perda PDRD sesuai UU No.1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah di Lumire Hotel and Convention Center, Jakarta Pusat.
Bimbingan Teknis Penyusunan Perda PDRD sesuai UU HKPD dibuka oleh Direktur Kapasitas dan Pelaksana Transfer, DJPK Bapak Bhimantara Widyajala, melalui Keynote Speech.
Tujuan pelaksanaan bimtek adalah untuk mendukung akselerasi Penyusunan Raperda tentang PDRD. Restrukturisasi dan integrasi jenis pajak daerah ditujukan untuk mengurangi administrative dan compliance cost serta optimalisasi pemungutan, sedangkan skema opsen ditujukan untuk penggantian skema bagi hasil dan penyesuaian kewenangan. Rasionalisasi jenis retribusi daerah ditujukan untuk peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan menciptakan ekosistem iklim usaha yang kondusif.
Pemerintah Daerah perlu menyusun Peraturan Daerah PPDRD sebagaimana diamanatkan UU HKPD sebelum 5 Januari 2024.
Tujuan Evaluasi Raperda PDRD menguji kesesuaian Raperda dengan ketentuan UU 1/2022 serta PP 10/2021, kebijakan fiscal dan kepentingan umum, dan/atau peraturan perundang-undangan lain yang lebih tinggi.
Dalam upaya meningkatkan PAD, Daerah dilarang menetapkan Peraturan Daerah yang bertentangan dengan kebijakan fiskal nasional, kepentingan umum, dan peraturan perundang-undangan lebih tinggi, serta menghambat ekosistem investasi dan kemudahan dalam berusaha.
 

BERITA KEGIATAN BIRO HUKUM LAINNYA


Rapat Pelaksanaan Kegiatan Pengharmonisasian Dua Rancangan Peraturan Gubernur Provinsi Sumatera Utara

31/07/2024 10:34 WIB

Kepala Bagian Peraturan Perundang-Undangan ....
Studi Banding JDIH ke Biro Hukum Setda Provinsi Banten

03/07/2024 16:41 WIB

Biro Hukum Setdaprovsu melaksanakan Studi ....
Bimbingan Teknis Operator Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2024

26/06/2024 09:22 WIB

Biro Hukum Sekdaprovsu menyelenggarakan ....